Sabtu, 10 November 2012

“IHSD, Apakah IHSD itu?!”



                Mungkin diantara kita ada yang pernah mendengar kata IHSD, atau ada yang baru mendengar kata itu. IHSD itu apa sih? Ada apa dengan IHSD ? Mengapa menjadi sangat bersejarah khususnya bagi para muslimah? Sama gak ya dengan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan? Jelas beda. IHSD  merupakan kepanjangan dari “International Hijab Solidarity Day” yang diperingati setiap 4 September. Jadi gak rugi juga kalau kita mengetahuinya terutama buat kamu yang mengaku sebagai muslimah.
International Hijab Solidarity Day (IHSD) ini dilatarbelakangi oleh adanya keputusan pemerintah London yang melarang mahasiswa untuk memakai simbol-simbol keagamaan, sehingga banyak warga muslim yang memprotes keputusan ini. Hal  ini tentu aja menyulitkan muslimah untuk menutup aurat secara sempurna. Karena itu, pada tanggal 4 september 2004 diadakanlah konferensi London yang dihadiri oleh Syeikh Yusuf Al Qardawi, Prof Tariq R. dan juga 300 delegasi dari 102 organisasi Inggris International, yang kemudian menghasilkan keputusan :
1. Menetapkan dukungan terhadap penggunaan jilbab
2. Penetapan tanggal 4 september sebagai hari solidaritas jilbab internasional (IHSD)
3. Rencana aksi untuk tetap membela hak muslimah untuk mempertahankan busana takwa mereka.
                Selain itu, Marwa Al-Sharbini, 32 tahun, meninggal dunia karena ditusuk oleh seorang pemuda Jerman keturunan Rusia pada Rabu 1 September 2009 di ruang sidang gedung pengadilan kota Dresden, Jerman. Saat itu, Marwa akan memberikan kesaksian dalam kasus penghinaan yang dialaminya hanya karena ia mengenakan Hijab. Belum sempat memberikan kesaksiannya, ada seorang pemuda Jerman  menyerang Marwa dan menusuk ibu satu orang anak itu sebanyak 18 kali. Suami Marwa berusaha melindungi isterinya yang sedang hamil tiga bulan itu, tapi ia juga mengalami luka-luka dan harus dirawat di rumah sakit. Peristiwa ini menjadi salah satu latar belakang diperingatinya IHSD.
Sungguh luar biasa perjuangan mereka untuk tetap menjalankan perintah Allah dalam Q.S Al Ahzab : 59. ” Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anakmu, dan wanita-wanita kaum muslim agar mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Hijab adalah kehormatan, hijab adalah kesucian, hijab itu adalah taqwa, hijab adalah iman, hijab itu adalah rasa malu. Bagaimana dengan kamu saudariku..? karena  MUSLIMAH itu ANUGERAH, kau LEMBUT tapi tidak LEMAH, MEMPESONA tapi tetap BERSAHAJA, kau mengerti bagaimana menjaga Akhlak dan Kemuliaanmu,itulah yang membuatmu ISTIMEWA.

Oleh : Tiar Sugiarti LDK UKDM UPI

Tidak ada komentar: